Tutorial VB.Net Add a Control Forms

HMPS TI UNIKAMA - Website Resmi HMPS Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang.
Mari kita mulai dengan menambahkan textbox untuk membentuk project kita. Dengan alat yang ditampilkan, lakukan hal berikut:

Cari TextBox
Double klik ikon, Textbox A ditambahkan untuk membentuk textbox.
Textbox akan ditambahkan ke posisi kiri atas formulir Anda. Untuk memindahkan ke bawah, tahan mouse anda ke atas textbox dan tarik ke posisi baru :

Perhatikan kotak kecil di sekitar textbox. Ini adalah ukuran menangani. Gerakkan mouse Anda ke salah satu dari mereka. Mouse pointer berubah menjadi garis diperpanjang dengan panah. Tahan tombol kiri mouse Anda ke bawah dan tarik keluar. Textbox diubah ukurannya. Bermain-main dengan handel pengukuran sampai Anda puas dengan ukurantextbox Anda.

Satu hal yang akan Anda perhatikan adalah bahwa Anda tidak dapat membuat ukuranlebih tinggi, tetapi Anda dapat membuatnya lebih luas. Alasan mengapa Anda tidak dapat membuat apapun yang lebih tinggi karena tindakan default dari textbox adalah memiliki ituhanya berisi satu baris teks. Jika itu hanya akan berisi satu baris teks, Microsoft beralasan, tidak ada alasan mengapa Anda harus dapat mengubah tingginya. Sebuah textbox hanya dapat dibuat lebih tinggi jika diatur kebeberapa baris teks. Anda akan melihat bagaimana melakukan hal ini segera.
  • Buat dua kotak teks lebih dengan mengklik ganda pada ikon teks dalam toolbar (Atau klik kanan pada teks yang dipilih dan pilih Copy. Kemudian Klik kanan pada Formulir dan pilih Paste.)
  • Resize mereka ke ukuran yang sama sebagai salah satu pertama Anda
  • Jalur mereka satu di bawah yang lainnya dengan ruang di antara
  • Cobalah untuk membuat sesuatu yang tampak seperti di bawah


Menambahkan Label untuk Formulir Anda

Mari kita tambahkan beberapa label di dekat boks teks sehingga pengguna Anda akan tahu apa yang mereka bagi.

  • Cari kontrol label di kotak peralatan
  • Double klik ikon label
  • Sebuah label baru ditambahkan untuk membentuk Anda
  • Seharusnya terlihat seperti di bawah

Klik pada label untuk memilihnya. Sekarang tahan tombol kiri mouse Anda ke bawah pada label. Tetap ditekan dan tarik ke kiri textbox.

Buat dua label yang lebih, dan posisi mereka ke sebelah kiri boks teks. Anda sekarang harus memiliki bentuk seperti ini:




Untuk melihat apa Formulir Anda terlihat seperti sebagai sebuah program, klik Debug> Mulai dari menu bar. Atau tekan F5 pada keyboard Anda:


Untuk menghentikan program dari berjalan, Anda dapat melakukan salah satu dari berikut ini:

1. Klik X merah di kanan atas Formulir Anda
2. Klik Debug> Berhenti Debugging dari menu bar
3. Tekan Shift + F5 pada keyboard Anda



Anda juga dapat mengklik tombol Stop pada toolbar VB di atas, seperti pada gambar di bawah ini:


Sampai disini tutorial untuk add textbox dan label sudh cukup jika masih bingung silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda, Salam JOSS dari HMPS TI UNIKAMA

Pages